NEWS

Magelang Diguyur Hujan Dan Angin Kencang Yang Merusak Puluhan Rumah

Ga-down.com – Ada sebanyak 21 rumah, 1 tugu, dan 1 bangunan sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) yang rusak ringan lantaran hujan yang disertai angin yang cukup kencang yang terjadi Rabu (24/1/2018) siang. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kerusakan yang terjadi memang paling banyak di Kecamatan Candimulyo. Kerusakan yang begitu parah disebabkan karena banyaknya pohon yang tumbang dan menimpa rumah warga maupun bangunan lainnya.

“Kerusakan yang terjadi antara lain tersebar di Kecamatan Candimulyo menimpa 11 rumah, 7 rumah dan 1 TK di Kecamatan Mertoyudan, 3 rumah 1 tugu di Kecamatan Mungkid,” jelasnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto, Rabu (24/1/2018).

“Tidak ada korban jiwa maupun luka pada peristiwa siang tadi. Namun kami tetap mengimbau masyarakat untuk waspada karena cuaca ekstrem bisa sewaktu-waktu terjadi,” imbuh Edi.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang, Heri Prawoto menambahkan, pihaknya turut ambil bagian dalam penanganan musibah hari ini.

“Total ada 18 personil yang kita kerahkan dan terbagi dalam beberapa regu. Mereka antara lain mengkondisikan kerusakan di Mantenan Mertoyudan, Mungkid, Candimulyo,” terangnya.

Hujan deras yang turun hari ini juga menjadi penyebab terjadinya tanah longsor di Dusun Sembungan, Desa Gondang, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Material longsoran sempat menutup akses jalan penghubung antara Desa Gondang dan Desa Treko Kecamatan Mungkid.

“Kita lakukan pembersihan dengan cara penyemprotan dan dibantu oleh warga dengan alat cangkul,” katanya.

Seperti yang diketahui, hujan deras yang melanda wilayah Magelang hari ini mengakibatkan banyak pohon dan baliho tumbang di beberapa titik. Hujan juga sempat disertai butiran es dan menimpa wilayah Kecamatan Mertoyudan, Candimulyo, dan sebagian wilayah Kota Magelang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *