NEWS

Puluhan Ribu Botol AMDK Diamankan BBPOM Lantaran Tak Miliki Ijin Edar

Ga-down.com – Petugas yang berasal dari Tim gabungan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta dan Polda DIY telah berhasil mengamankan sebanyak 42.713 pcs air minum dalam kemasan (AMDK). Penyitaan air minum dalam kemasan tersebut dilakukan di Sleman.

Puluhan ribu AMDK yang dikemas dalam gelas dan botol tersebut diamankan oleh petugas lantaran tak mengantongi ijin beredar secara resmi. “Hasil investigasi PPNS BBPOM dan Korwas PPNS dan Subdit 4 Reskrimsus Polda DIY, kita tindak dan sita 42.713 AMDK gelas dan botol tanpa izin edar,” kata Kepala BBPOM DIY, Sandra MP Lintih, seusai memimpin penyitaan Jalan Raya Pakem-Turi KM 0,5, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Kamis (22/3/2018).

Proses dilakukannya penyitaan berlangsung tertutup. Para petugas yang tergabung dalam BBPOM tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB. Sekitar pukul 12.30 WIB, petugas BBPOM dan kepolisian keluar dari kawasan tempat produksi disusul 2 unit truk yang mengangkut air mineral yang disita.

“Dua truk, (foto produk) di kantor saja, itu sudah diikat dimasukkan truk. Kan ada mereknya, kelihatan nanti,” jawab Sandra ketika diminta awak media menunjukkan sampel air mineral yang disita tersebut.

Sementara pihak dari produsen air mineral tersebut enggan menemui awak media untuk memberikan keterangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *