NEWS

Hutan Baluran Situbondo Kebakaran Hingga Hanguskan Tiga Hektar

Ga-down.com – Insiden kebakaran yang telah terjadi di hutan Baluran Kecamatan Banyuputih, pada Rabu (11/7/2018) termasuk kebakaran yang pernah terjadi paling parah.

Kebakaran tersebut semakin merembet lantaran dedaunan yang kering berserakan di sekitar kawasan hutan Baluran. Api semakin membesar lantaran tiupan angin yang begitu kencang.

Kebakaran yang terjadi kali ini diperkirakan terjadi hampir 3 hektar lahan milik Taman Nasional (TN) Baluran Situbondo. Kawasan yang terbakar itu tepatnya berada di Blok Watu Kenong Unggahan Asem Tlogo, Petak 27.

Dari keterangan yang ada di lapangan, insiden kebakaran yang kali ini terjadi berlokasi cukup jauh dari pemukiman warga setempat. Sehingga tidak sampai menimpa keresahan warga. Namun demikian, asap kebakaran hutan ini sempat mengganggu para pengendara yang melintas di jalan raya pantura setempat.

Bahkan, sopir sebuah truk tangki yang hendak melintas sempat dibikin was-was. Si pengemudi khawatir api kebakaran akan merembet ke kendaraan yang dikemudikan. Sebab, lokasi kebakaran tak begitu jauh dari jalan raya.

“Asapnya sangat mengganggu pengendara yang melintas. Tadi malah ada truk tangki sampai harus dikawal saat melewati kebakaran, khawatir apinya kena tangkinya,” kata Tikno, warga setempat.

Kebakaran hutan kawasan TN Baluran Situbondo ini diperkirakan terjadi sejak sekitar pukul 12.00 Wib siang tadi. Begitu tahu ada lahan terbakar, petugas gabungan dari TN Baluram, Perhutani, Koramil, Polsek, anggota Damkar Asembagus serta Anggota Pusdalops BPBD Situbondo langsung berusaha melakukan pemadaman.

Pemadaman dilaklukan tidak secara manual saja, upaya penyemprotan juga telah dilakukan demi bisa mencegah agar kebakaran tersebut tidak merembet ke area lain. Namun, kencangnya tiupan angin membuat upaya petugas gabungan ini berjalan lamban. Setelah berusaha ekstra, api akhirnya berhasil dijinakkan sekitar 3,5 jam kemudian.

“Untuk penyebab kebakarannya masih dalam penyelidikan oleh pihak berwenang. Apakah ada unsur kesengajaan atau murni karena bencana alam,” tandas Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *